My Profile

Bekerja di sebuah  group perusahaan berbasis knowledge terbesar di Indonesia. Menyukai segala sesuatu yang berhubungan dengan dunia penelitian sosial, komunikasi dan pemasaran. Juga sangat tertarik pada bidang pengelolaan keuangan pribadi dan pemberdayaan memori.

Lahir dan dibesarkan di sebuah gugusan pulau nan indah di bagian barat daratan Sumatera, pulau Nias. Belajar mengenai kejahatan, penjahat, korban kejahatan, dan reaksi sosial masyarakat terhadap kejahatan di jurusan Kriminologi, Universitas Indonesia. Dan oleh perusahaan tempat berkarya saat ini diberi kesempatan untuk belajar tentang bisnis pada salah satu institusi pendidikan bisnis terbaik di Indonesia, Prasetiya Mulya Business School.

Pernah menjadi peneliti paruh waktu pada sebuah perusahaan riset multinasional, TNS Indonesia. Berkarir sebagai senior research executive, account executive, dan marketing planning specialist. Aktif menjadi “konsultan” riset pada sejumlah perusahaan yang bergerak di bidang F&B, pharmaceutical, communication, NGO, dan property.

43 thoughts on “My Profile

  1. Hallo yaahowu.
    Terima kasih sudah berkunjung di blogku.
    btw, talifusö kerja di media cetak mana? Litbang ya.
    wah, blogmu bagus banget. palagi ada konsultasi soal penelitian. pasti banyak yang senang tuh.
    ok, bro sampai ketemu..

    Apollo Lase

  2. Ya’ahowu

    Saya masih satu grup dengan bung Apollo kok🙂 . Dari salah satu tulisan di blog Anda, saya tahu kalo bung Apollo bekerja di harian terbesar di Indonesia, yang masih “sedarah” dengan tempat saya bekerja.

    Terima kasih juga kunjungan dan “pujiannya”, saya memang berharap banyak teman-teman yang bisa menuai pencerahan dan manfaat dari blog ini terutama dalam dunia penelitian, sebatas wawasan dan pengetahuan yang saya miliki.

    Salam

  3. salam
    mas Zebua…

    saya tertarik “peneliti pada sebuah group perusahaan penerbitan media massa (cetak) yang menerbitkan puluhan brand reguler, sebagian besar merupakan market leader nasional di segmennya.”
    bisa tau Groupnya mas??hehe. Dept.Litbang?

    blog yang Maknyooos…😀

    salam

  4. Saya memang bekerja di unit riset sebuah gorup media cetak, puji Tuhan memang sampai saat ini sebagian besar produk reguler kami (32 brand) menjadi market leader di segmennya. Tapi pasar bergerak sangat cepat, jadi posisi kami pun belum tentu langgeng, sehingga dibutuhkan informasi yang akurat dan selalu update. Itulah yang saya dan teman-teman saya lakoni saat ini, menyediakan informasi yang akurat dan update untuk manajemen agar tidak salah langkah (semoga…🙂 )

    Nama groupnya, gampang ditebak kok Mas, kami masih “sedarah” dengan sebuah harian nasional beroplah terbesar dan group toko buku dengan jaringan terluas. Tinggal digabung saja tuh nama koran dan toko bukunya (he..he..)

    Salam

  5. ooow…

    sepertinya kita juga masih ada hubungan…
    tapi saya “dari media di daerah”.
    baru juga sih.. di dept.”ini”, masih sendirian.🙂

  6. hallo mas Har salam kenal…!!! aku suka baca artikel2 di internet… eh ketemu blog na mas har… ok juga…!!! artikel na update terus ya mas… biar tambah ok..!!!

  7. Ya’ahowu Pak Zebua,

    Saya sudah baca respon Pak Zebua di Kesekese Diskusi Niasisland.com. Dari situ juga saya tahu alamat blog Pak Zebua ini. Terima kasih dukungannya atas berdirinya situs berbahasa Nias.

    Salam

  8. Salam,

    Bang Harianus thanks sudah mengunjungi blog saya. Senang bisa ketemu kembali online. Btw, sepertinya jurusan kita lagi kekurangan dosen statistik nih! ada minat mengabdikan sedikit waktu di jurusan?

    Salam,
    Iqrak Sulhin (Sekjur Krim UI)

  9. Selamat atas Blog yang begitu menarik ini, banyak Ilmu, tepatnya gudang IlmU yang luar biasa bagi dunia penelitian.
    Wah kalo di kampus masih cenderung bersifat teoritis, dan kurang dalam aplikasi. Mas Hary ini luar biasa dalam mengantarkan pembaca blog memahami tulisan-tulisannya dengan bahasa yang mudah dipahami. Kapan nih menerbitkan buku? kan sudah banyak bahannya saya kira.
    Nanti pasti saya beli hehheheheheeee.
    tambah gemuk aja mas, coba sebelumnya kita buat H0 dan Ha nya :
    Ho: Tidak Terdapat hub.antara jumlah gaji dengan jumlah lemak.
    Ha : Terdapat hubungan antara jumlah gaji dengan jumlah lemak.
    heheheeee pakai uji korelasi sperman, tau kendall atau pearson nih? heheheee
    Salam sukses.
    Yogo

  10. Halo Iqrak, Yogo. Senang sekali bisa kontak dengan kalian lagi. Saya bangga dengan pencapaian kalian. Kalian tetap konsisten dengan idealisme mengabdi pada pengembangan ilmu Kriminologi.

    Untuk Iqrak saya tertarik dengan tawaranmu, sepertinya ini serius, soalnya Sekjur loh yang mempropose🙂 . Jujur dalam hati saya yang paling dalam saya ingin kembali ke dunia akademik. Ada kepuasan batin di sana, ketika kita berbagi ilmu dan beradu argumentasi secara ilmiah, cerdas dan bukan debat common sense seperti yang sering saya alami di dunia praktisi. Monggo loh, di follow up, bisa hubungi saya di email : harianus@harianuszebua.com

    He..he.., Mr. Yogo sepertinya variabel Independenmu kurang deh, masih ada tingkat stress dan pola hidup. Ujinya tergantung ukuran yang digunakan apakah nominal, ordinal, interval atau rasio😛 . Saya memang sedang, mau, akan berminat, menulis buku tentang riset. Tapi mungkin saat ini akan lebih condong ke kualitatif, ranah ini masih jarang yang menyentuhnya.

    Salam sukses untuk kalian dosen-dosen muda dan penuh semangat!

  11. Great Bro Harianus Zebua!

    Jika ada kemauan, pasti ada jalan khan? so jangan pernah merasa tak mampu, sebelum Anda melangkah. Sejatinya Anda adalah pribadi yang luar biasa.

    Oleh karena itu, jika memang ada keinginan keluar dari comfort zone. Melangkahlah dengan tegap, maju terus… Pasti apa yang engkau citakan khan kau raih dengan pasti.

    With pray and support

    Salam Progresif!

    Krisnawan Putra
    http://www.krisnandira.com

  12. Hallo..thanks sudah mengunjungi blog saya. Salam kenal..karena saya juga bagian dari orang statistik yang juga cinta riset..hanya saja…belum fokus juga mau riset-riset..semoga kita bisa sharing ilmu…thanks

  13. Blog yang menarik, Mas Hary. Selamat…
    Tapi untuk artikel “Kompas Jawara Quick Count pilkada DKI 2007”, saya pikir quick count Pusat Kajian Politik (Puskapol) FISIP UI penting juga untuk disertakan dalam perbandingan. 300 TPS, Adang-Dani 42,56% dan Fauzi-Prijanto 57,44%.

    Salam,

    WI

    Mas Wawan, terima kasih atas kunjungan dan apresiasinya. Saya memang membuat perbandingan hasil quick count pilkada DKI 2007 berdasarkan publikasi di harian KOMPAS, saya yang tidak mencari info lebih lengkap lagi tentang lembaga-lembaga lain yang juga melakukan quick count. Jadi terima kasih atas informasi tambahannya. Cukup presisi berarti, selisihnya dengan hasil perhitungan KPUD DKI adalah 0.86% luar biasa!

    Salam buat teman-teman di Puskapol FISIP UI, tetap semangat dan teruskan dengan quick count-quick count selanjutnya yang semakin presisi.

    Salam QUICK COUNT!

  14. Halo Pak.. terima kasih atas artikel2 yg telah Bapak buat.. setidaknya sedikit membantu untuk skripsi saya🙂

    Salam kenal Dhea. Senang bisa memberi pencerahan. Selamat mengerjakan skripsi. Sukses ya!

  15. Jadi iri nglihat blognya Mas Harry. Bagus banget mas.. Makasih mas dah mau bertamu ke blog ku.. Semoga banyak manfaat n bisa sharing pengalaman..

    Thx Mas Pendi atas kunjungan dan pujiannya. Kita sama-sama punya visi untuk memajukan dunia riset di tanah air. Blognya saya link ya.

    Salam

  16. Salam kenal, Pak Hari…sungguh beruntung bisa nemu blog Anda ini. jadi saya yang masih baru masuk ke dunia penelitian khususnya di media massa ini (keknya masih “sedarah” dengan Pak Hari hehehehe) jadi bisa belajar lebih dalam lagi dari pakarnya. Terimakasih atas pelajarannya😉

  17. Salam kenal Pak Sugieh, senang bisa mendapat kunjungan dan apresiasi dari Bapak, apalagi jika benar “golongan darah” kita sama🙂 Saya juga sudah berkunjung ke blog Bapak, nice blog. Ternyata Pak Sugieh lebih beruntung dari saya karena sekaligus menjalani profesi sebagai trainner, wah itu impian saya Pak!

    Aduh saya bukan pakar di bidang penelitan, masih banyak yang lebih jago dari saya. Blog ini adalah untuk aktualisasi diri, sebagai forum diskusi dan bukan untuk “menggurui”. Jadi Pak Sugieh juga monggo loh berkenan berbagi pengalaman dengan para pemabaca blog ini.

    Saya link juga ya blognya. Tapi kalo bisa link saya di tempat Bapak diganti ya, pake nama saya aja, harianus atau research diggest. He..he.. ngga enak di “juduli” pakar riset🙂

    Salam

  18. Duuh, Pak Hari. sepertinya ada koreksi nih hehehehe…pertama, saya cewek lho, Pak (tapi emang sering dikira cowok gara2 namanya gt hihihihi). kedua, saya bukan trainer beneran kok Pak..cuman kebetulan di sini ada pelatihan jurnalistik dasar n biasa mengundang praktisi di koran kita buat jadi pemateri..n saya di situ juga ngomongnya lebih kepada pengenalan peran n kerja litbang di koran kita aja kok. jadi masih belum apa-apa… baru belajar soal penelitian juga dan blog Pak Hari ini salah satu sumber ilmunya. Jadi sebenernya yang lebih jago training ya Pak Hari inilah…;)

    Wah. Maap ya Mbak Sugieh. Saya ralat kalo gitu ya. Fenomena ini bisa dihubungkan dengan dunia riset. Seringkali kita hanya melakukan observasi, dan menyimpulkan berdasarkan hasil observasi itu. Ya jadinya seperti ini saya membaca nama Sugieh (observasi) dan langsung menyimpulkan kalo itu nama untuk pria. Coba kalo saya tanyakan langsung ke Mbak Sugieh, pasti kesimpulannya tidak demikian. Kombinasi beragam tehnik penelitian dapat meningkatkan reliabilitas suatu riset, terutama riset dengan pendekatan kualitatif.

    Salam

  19. Salam kenal! Saya tertarik nih dengan blog ini, terutama yang melirik riset2 sosial. Memang, ilmu itu tidak ekslusif dan bisa disampaikan lewat apa saja🙂

    Salam kenal juga, terima kasih atas kunjungannya. Semoga blog ini bermanfaat untuk Anda. Setuju banget bahwa ilmu seharusnya inklusif, bisa diakses kapanpun, dimanapun. thx to technology!

  20. Salam kenal mas,,wah “periset” juga nih,saya mesti banyak bertanya sama mas,,soalnya saya baru terjun ke dunia riset sekitaran 6 bulan yang lalu, masih banyak hal-hal yang mesti saya pelajari..

    terima kasih banyak atas koreksinya diblog saya…

  21. Salam kenal Pak Hari,
    saya mau tau lebih jauh apakah Pak Hari menyediakan jasa seorang tenaga moderator untuk memandu sebuah FGD? kebetulan saya dan teman2 ingin belajar banyak dalam rangka persiapan penulisan thesis kami. Kebetulan kami sedang belajar di UI tapi bukan Fak. FISIP tempat di mana Pak Hari pernah mengajar…
    Kami tunggu responnya,
    Cheers,
    Aiga M

  22. salam kenal bung, Zebua

    Aku suka anda punya blog, dimana artikelnya tentang riset Ocee..sekali. bisa ngga’ anda kupas metodologi dalam riset serta cara menganalisa, dan cara untuk membuat Questionairs untuk riset Quantitivenya, jadi apabila kita mau riset suatu produk ke persh. riset kita sedikitnya tahu, apa fungsinya…..berlebihan kali saya mintanya, bung

    hari wibowo

    • Salam kenal bung Hari (wah nick namenya sama dengan saya nih..)

      Thx atas apresiasinya terhadap blog ini, walaupun agak terbengkalai karena kesibukan yang bertubi-tubi. Permintaan Anda tidak berlebihan, wajar dan merupakan basic competency dari seorang periset (membuat kuesioner, menganalisis, reporting, hingga presentasi). Hanya saja referensi seputar hal-hal teknis seperti itu sudah banyak (banyak banget malah). Misi saya membuat blog ini adalah mengangkat isu-isu populer seputar dunia riset sosial yang memang jarang dibahas di buku-buku teks.

      Tapi saya akan coba akomodir permintaan Anda, tapi tetap dalam konteks isu-isu populer.

      Salam

  23. Maaf nih baru balas.. bukan Ferdi adik kelas saya. Anda di FISIP UI jurusan apa dan angkatan berapa? Saya angkatan’80. Anda peneliti di Kompas? Bestian ngajar juga di FISIP UI. kenapa anda gak back to campus?

  24. sy di pusingkan soal perdebatan apakah likert skala ordinal ato interval dan apa dasar argumennya.. pengajar sy di LAN jakarta kebanyakan pendukung likert skala ordinal.. tp pas sy tanya dosen sy di ikip bandung Prof. ET. Ruseffendi (prof matematika) di jawab interval.. sy bingung nih pa. ada saran buku yang bisa sy baca? ato pendapat bapa sendiri apa.. sy baca tulisan bapa ngga ada yg cocok bener.. mks ya

  25. Mas, saya bekerja di salah satu perusahaan swasta di Jakarta dan dalam waktu dekat ini akan melakukan FGD, apabila kita mau mengundang Mas Hari untuk jadi moderator FGD yang akan kita lakukan bisa? Tarifnya berapa ya Mas?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s