PENELITIAN KUALITATIF : PROSES DAN APLIKASI

Beberapa waktu lalu saya pernah menulis resensi buku metode
penelitian kuantitatif yang saya sebut sebagai buku metode penelitian yang
paling tegas dan jujur memposisikan dirinya sebagai buku tentang metode
penelitian kuantitatif. Diferensiasi buku ini adalah pembahasan yang memadukan antara teori dan aplikasi sehingga pembaca awam dapat mengikuti bagaimana proses sebuah penelitian kuantitatif dijalankan secara utuh dan komprehensif.

Belum lama saya menemukan sebuah buku dengan pola yang sama namun penerapannya pada metode penelitian kualitatif. Buku ini berjudul “Penelitian
Kualitatif : Proses dan Aplikasi” ditulis oleh Dr. Nusa Putra, S.Fil., M.Pd.,
staf pengajar pada sejumlah perguruan tinggi di Jakarta dan Bogor. Diterbitkan
oleh Indeks.

Membaca buku ini seperti membaca sebuah buku harian, jadi tidak terasa sebagai sebuah textbook metode penelitian. Sangat kaya dengan contoh. Setiap konsep metode penelitian kualitatif yang dibahas oleh penulis selalu disertai contoh riil dari pengalaman penulis, sehingga rasionalisasi konsep-konsep tersebut terasa sangat kuat.

Penulis buku ini sangat pandai bermain kata, dia menjuduli bab-bab dalam buku ini secara populer. Misalnya , Bab I-Pergi ke Dunia Luas Anakku Sayang, Bab IV- Jangan Ada Dusta Di Antara Kita, terasa seperti membaca sebuah novel bukan?. Meskipun mayoritas isi buku ini membahas contoh-contoh penelitian kualitatif, namun menurut saya semua konsep inti dari sebuah penelitian kualitatif sudah termuat di dalamnya.

Gaya penulisannya sangat luwes dan menarik. Pembaca tidak akan dibuat bosan dan mengantuk membacanya. Sangat naratif! Buku ini sangat bermanfaat bagi para peneliti kualitatif pemula dan dapat juga menyegarkan kembali pemahaman para peneliti senior tentang penelitian kualitatif.

Selamat Membaca!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s