METODE PENELITIAN KUANTITATIF : TEORI DAN APLIKASI

Tidak banyak textbook metode penelitian yang secara tegas memposisikan dirinya bersosok kuantitatif atau kualitatif. Sebaliknya jamak beredar adalah buku-buku “bergenre” metode penelitian dengan judul yang terkesan isinya mencakup kedua pendekatan penelitian tersebut dan menyajikannya secara “adil”! Misalnya, “Metode Riset Bisnis”, “Pengantar Metode Penelitian”, “Metode Penelitian Sosial”, Riset Pemasaran, dll. Sebagian besar buku-buku tersebut sebenarnya adalah buku penelitian beraliran kuantitatif sejati karena tak sepotong pun kata kualitatif tersurat di dalamnya. Ada yang menyelipkan bahasan tentang penelitian kualitatif, namun hanya sepot-sepot alias sepotong-sepotong, rata-rata tidak lebih 1% dari porsi halaman untuk bahasan penelitian kualititatif.

Sampai suatu ketika saya menemukan buku berjudul “Metode Penelitian Kuantitatif: Teori dan Aplikasi” karya Bambang Prasetyo dan Lina Miftahul Jannah, diterbitkan oleh Rajawali Pers, cetakan pertama tahun 2005, ber-ISBN 979-769-008-3. Saya sangat mengapresiasi “ketegasan” para penulisnya yang secara jujur menjuduli bukunya sebagai “Metode Penelitian Kuantitatif”. It’s all about quantitative method! Pembaca tidak akan “tertipu” karena buku ini memang fokus membahas metode penelitian kuantitatif. Ada bahasan tentang kualitatif namun hanya sebagai pengantar yang memaparkan perbedaannya dengan penelitian kuantitatif dan bagaimana memadu-padan kedua penelitan tersebut.

Selain “kejujuran” para penulisnya, keunggulan lain buku ini adalah berlimpahnya contoh-contoh sederhana mengenai konsep yang sedang dibahas, tak rumit dan begitu mudah dimengerti. Buku ini mengambil contoh kasus dari hasil penelitian seorang mahasiswi FISIP UI, sehingga pembaca seolah-olah dituntun dan diajak terlibat dalam pengalaman si mahasiswi dalam menyusun skripsinya, mulai dari merumuskan masalah, membuat disain penelitian, mengumpulkan data, menganalisis, hingga menyusun laporan penelitian. Utuh, komprehensif, dan holistik.

Pada bagian akhir buku ini (bab 10), disajikan sejumlah kasus yang dapat mempertajam pemahaman pembaca terhadap metode penelitian kuantitatif. Bentuknya seperti kuis. Pembaca disarankan untuk mencoba menjawab tanpa melihat kunci jawaban yang juga tersedia. Saya sangat menyarankan buku ini untuk mereka yang berniat mendalami metode penelitian khususnya kuantitatif, dan para mahasiswa yang sedang mempersiapkan skripsinya. Dijamin tidak menyesal, Anda akan dituntun menjadi seorang peneliti kuantitatif yang handal dengan dasar konseptual yang kokoh.

Tunggu apalagi, segera milikilah buku ini!

About these ads

27 thoughts on “METODE PENELITIAN KUANTITATIF : TEORI DAN APLIKASI

  1. dimanakah buku ini dijual?

    Halo Onie, salam kenal. Buku ini sangat mudah didapatkan di toko buku Gramedia. Kalau kamu berdomisili di Jakarta, bisa ke Plaza Semanggi. Stoknya masih banyak

  2. saya belum baca buku ini, tapi tertarik untuk membacanya. kebetulan sekali saya sedang membutuhkan semua buku mengenai riset dan metodenya.

  3. Metode penelitian merupakan langkah awal yang harus dimiliki dan dikuasai oleh peneliti sebelum melakukan penelitian, jadi harus dicermati dan dipahami sebaik mungkin. Begitu banyak buku tentang metode peneltian yang tersebar, namun, gunakanlah buku Metode Penelitian yang sesuai dengan kebutuhan anda, jangan pandang harganya, tapi lihat manfaat isinya bagi anda. Terimakasih.

  4. apa saya bisa pesan buku in? Bgmn prosedurnya dan berapa harganya?
    Thanks.

    Halo Mbak Mega, buku ini sangat gampang diperoleh di toko-toko buku gramedia seluruh Indonesia harganya tidak mahal sekitar 30 ribuan. Sekarang sudah cetakan II.

  5. Halo Iful,

    Kalau kamu di tinggal di Jakarta, coba cari di toko buku Gramedia Plaza Semanggi, saya baru dari sana minggu lalu, stoknya masih ada, cari di rak metodologi. Mungkin di Matraman juga ada.

    Salam

  6. wahhh….sip gan…membantu bgt nii…
    numpang promosi yaaa…gue juga bahas tentang metodologi penelitian..
    numpang promosi juga (silahkan kunjungi blog gw :metodologiBK.blogspot.com)
    buat nyang empunya…kunjungin balik yaaa…guee…newbieee…bgt niii

    hormat saya pada yang empunyaa…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s